cover
Contact Name
Made Gautama Jayadiningrat
Contact Email
jpppjournal@undiksha.ac.id
Phone
+6287762961886
Journal Mail Official
gtm_jd@yahoo.co.id
Editorial Address
Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
ISSN : 19797109     EISSN : 26154498     DOI : 10.23887/jppp.v4i3
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development. p-ISSN : 1979-7109 (Print) and e-ISSN : 2615-4498 (Online)
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2018): Juli 2018" : 4 Documents clear
Korelasi Antara Konsep Diri dengan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS Wulandari, Ni Putu
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 2, No 2 (2018): Juli 2018
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v2i2.15395

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara konsep diri dengan penguasaan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD  Gugus VI Pangeran Diponegoro Denpasar Barat, pada tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas IV SD yang berada di Gugus VI Pangeran Diponegoro Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2017/2018 yang memiliki jumlah populasi 401 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dengan taraf kesalahan 5% dan diperoleh banyak sampel dari populasi sejumlah 186 siswa. Data konsep diri diperoleh melalui kuesioner dan data penguasaan kompetensi pengetahuan IPS didapatkan melalui pencatatan dokumen yaitu nilai UAS semester I. Sebagai uji persyaratan menggunakan uji normalitas sebaran data. Setelah seluruh uji prasyarat terpenuhi, analisis statistik yang digunakan pada penelitian ini, berikutnya adalah uji hipotesis menggunakan analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis maka diperoleh rhitung = 0,265. Pada taraf signifikansi 5% n= 186, maka diperoleh rtabel = 0,148. Karena rhitung= 0,265 > rtabel = 0,148 maka dapat diartikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara konsep diri dengan penguasaan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus VI Pangeran Diponegoro Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2017/2018, dengan arah korelasi positif, artinya semakin tinggi konsep diri semakin meningkat penguasaan kompetensi pengetahuan IPS.
Pengaruh Model Children’s Learning In Science Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Diawati, Luh Putri
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 2, No 2 (2018): Juli 2018
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v2i2.15381

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan efektivitas model pembelajaran children’s learning in science berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Dr. Soetomo Kecamatan Denpasar Selatan tahun pelajaran 2017/2018. Desain penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan bentuk Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah 6 kelas/kelompok siswa kelas V SD Negeri Gugus Dr.Soetomo Kecamatan Denpasar Selatan tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah  siswa 243 orang. Penelitian ini menggunakan 2 kelompok yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kedua kelompok dipilih dengan teknik sampel kelompok (cluster). Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians. Rata-rata skor post test kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen yaitu 76,20 dan kelompok kontrol yaitu 70. Berdasarkan hasil analisis dengan uji t, diperoleh harga thitung = 2,214 > ttabel 1,988 dengan taraf signifikan 5% dan dk = 85, maka terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran children’s learning in science berbantuan media audio visual memiliki pengaruh  yang signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Dr. Soetomo Kecamatan Denpasar Selatan tahun pelajaran 2017/2018. Hasil perhitungan efektivitas perlakuan diperoleh nilai   =0,01  ≤ 0,055< 0,09 yaitu variansi skor kompetensi pengetahuan IPA yang disebabkan oleh model sebesar 5,5% dengan kriteria efek kecil
Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Muatan PPKn pada Tema 8 Subtema 1 Ifnasari, Ingedeautya Anindya
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 2, No 2 (2018): Juli 2018
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v2i2.15465

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar muatan PPKn siswa kelas 4 SD Ngipik pada tema 8 subtema 1 melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan dengan tiga kali pertemuan setiap siklusnya. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Ngipik. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Proses pembelajaran pada kondisi awal tindakan guru sebesar 70,53% dan untuk tindakan siswa pada kondisi awal sebesar 71,73%. Lalu di lanjutkan dengan tindakan siklus I pada tindakan guru pertemuan pertama mendapatkan 75,73% dan untuk siswa pada siklus I pertemuan pertama mendapatkan 78,51%. Untuk siklus I pertemuan kedua tindakan guru mengalami kenaikan yaitu 78,59% dan untuk tindakan siswa juga mengalami kenaikan menjadi 82,86%. Untuk siklus II pertemuan pertama tindakan guru juga mengalami kenaikan sebesar 90,47% dan tindakan siswa pada siklus II pertemuan kedua menjadi 90,48, pertemuan yang terakhir pada siklus II pertemuan kedua tindakan guru meningkat menjadi 100% dan tindakan siswa juga meningkat menjadi 100%. Hasil penelitian yang sudah dilakukan juga menunjukkan adanya peningkatan perolehan proses hasil belajar. Pada saat kondisi awal sebesar 23,53% siswa yang mencapai ketuntasan. Pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 58,82% yang sudah mencapai ketuntasan. Sedangkan untuk siklus II terjadi peningkatan menjadi 100% yang sama untuk ketuntasan. Dalam penelitian ini peneliti penerapan model pembelajaran PBL membuat siswa menjadi lebih aktif dan terjadinya interaksi antara siswa dengan siswa maupun siswa dengan guru sehingga dalam hal ini siswa mampu menyelesaikan permasalahan dan dapat meningkatkan proses dan hasil belajar muatan PPKn
Pengaruh Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic Berbantuan Mutimedia Interaktif Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Widiartha, K. D. R.
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 2, No 2 (2018): Juli 2018
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v2i2.15396

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic Berbantuan Multimedia Interaktif terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi ekperimen) dengan rancangan penelitian Non-Equivalen Control Grup Design. Populasi seluruh siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Timur yang berjumlah 327 siswa. Sampel ditentukan menggunakan teknik random sampling dengan melakukan pengundian. Sampel dalam penelitian ini yaitu SDN 16 Kesiman sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 37 siswa  dan SDN 12 Kesiman sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 siswa. Data kompetensi pengetahuan IPA di kumpulkan dengan metode tes yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis diperoleh thitung = 4,953, dan pada taraf signifikasi 5% dan derajat kebebasan (dk) = 37+34-2 = 69 maka diperoleh harga ttabel = 2,000. Berdasarkan hasil tersebut, thitung = 4,953 > ttabel = 2,000. H0 di tolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok eksperimen yang dibelajarkan melalui Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic berbantuan Multimedia Interaktif dengan kelompok kontrol pada kelas V SD Gugus Dewi Sartika Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelompok kontrol (87,30 > 73,53). Dengan demikian, Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic berbantuan Multimedia Interaktif berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2017/2018.

Page 1 of 1 | Total Record : 4